Kenapa Harus Memakai Tas Belanja Kain

Kenapa Harus Memakai Tas Belanja Kain

Plastik merupakan salah satu barang yang paling sering digunakan dalam berbagai aktivitas manusia, salah satunya sebagai tas belanja. Tas plastik memang mudah didapatkan dan harganya pun tergolong murah, sehingga wajar saja jika banyak orang yang menggunakan tas plastik saat berbelanja ataupun saat berjualan karena  juga tas plastik ini simpel dan tidak ribet.

Namun tas plastik memiliki kekurangan yang jika tidak ditanggapi secara serius dapat menimbulkan masalah. Tas plastik dibuat dengan menggunakan proses kimiawi yang membuat tas plastik ini sulit terurai hingga butuh ratusan tahun agar benar-benar dapat terurai. Belum lagi masalah yang dapat ditimbulkan dari zat-zat kimia berbahaya dari dalam plastik yang dapat menimbulkan polusi lingkungan, baik polusi tanah maupun polusi air. Memang ada beberapa kantong plastik yang ramah lingkungan dengan sebutan eco plastic, namun tetap saja eco plastic ini membutuhkan waktu bertahun-tahun agar dapat terurai sepenuhnya walaupun tidak selama plastik biasa.

Kelestarian alam sesungguhnya ada di tangan kita semua, begitu juga dengan masa depan bumi kita ini.Jika kita tidak mengambil langkah yang tepat maka kita juga yang akan menanggung nya. Dari permasalahan tersebut maka kita bisa mencari solusi tas belanja alternatif selain tas plastik, yaitu tas belanja kain. Sejak beberapa tahun yang lalu pemerintah sudah membuat aturan-aturan mengenai pengurangan penggunaan tas plastik di pasar tradisional,pasar swalayan, dan di minimarket. Pelanggan yang hendak berbelanja diharuskan membawa tas sendiri untuk mengurangi sampah plastik. Lantas kenapa kita harus menggunakan tas belanja kain? berikut beberapa alasan nya versi TRL INDONESIA:

1. Lebih Enak Dipandang Mata

Tas belanja berbahan kain mempunyai beragam bentuk serta desain. Ada tas belanja kain yang polos dan sederhana, ada yang berwarna-warni, ada juga yang berupa tas rajutan yang modis. Bahkan Anda juga bisa membuat sendiri tas belanja kain Anda dengan kreasi Anda dengan memesan tas kain custom yang tersedia di beberapa tempat.

Apapun pilihannya itu Semua tergantung selera kamu. Yang pasti dengan menggunakan tas belanja kain, maka kamu akan terlihat lebih eye catching dan lebih modis saat membawa barang-barang belanjaan kamu daripada saat kamu menenteng tas plastik hitam kan?

2. Kamu Bisa Membuatnya Sendiri

Dengan menggunakan mesin jahit, kain perca atau kain dari  bahan pakaian yang sudah tidak terpakai, jarum, benang, dan contekan pola reusable bag yang diambil dari internet, maka kamu sudah bisa membuat reusable bag versi kreasi sendiri.

Kelebihannya, selain hemat uang, kamu juga bisa memanfaatkan kain yang sudah tidak terpakai dengan mendaur ulangnya menjadi tas belanja kain. Untuk corak-corak tas kainnya, kamu bisa mengambil refrensi dari situs pinterest.com dan lainnya.

Untuk kamu yang ingin tas belanja kain cantik namun tidak mempunyai mesin jahit sendiri atau tidak punya waktu untuk membuatnya, sekarang sudah tersedia banyak jasa pembuatan tote bag atau tas kain lainnya  yang bisa kamu pesan secara custom dengan desain sesuai kemauan kamu. cukup luangkan waktu sejenak untuk mencari seperti apa desain menarik yang kamu mau dan setelah itu cari toko produksi yang memang terpercaya dan sudah berpengalaman di situs-situs online.

3. Tas Belanja Kain Awet dan Reusable

Berbeda dengan tas berbahan kain yang mudah sobek atau bolong, tas belanja berbahan kain tentunya lebih tahan lama karena tidak mudah sobek atau bolong. Beberapa bahan kain seperti spunbond memiliki tingkat ketahanan yang kuat dan cocok digunakan untuk bahan tas kain. Karena tidak mudah rusak maka tas berbahan kain bisa digunakan berkali-kali tidak seperti tas kain yang sekali pakai setelah itu dibuang. Tas kain ini juga mudah dibersihkan dan mudah disimpan loh.

4. Mendukung Kelestarian Lingkungan

Kurang lebih, ada sekitar seratus ribu fauna di alam liar dan yang hidup di dalam laut mati setiap tahunnya dikarenakan tidak sengaja memakan plastik yang mereka kira adalah makanan mereka. fauna-fauna ini tentunya tidak dapat membedakan antara makanan mereka dengan tas plastic yang mengapung di lautan atau partikel plastic lainnya. Plastik yang para fauna ini makan akan menyebabkan masalah kesehatan pada mereka serta dapat menghalangi pola pencernaan fauna-fauna dan dapat menyebabkan mereka mati keracunan.

Selain berdampak negatif bagi kelangsungan makhluk hidup, limbah plastik juga menjadikan suplai minyak bumi serta gas alam semakin sedikit. Plastik dibuat dengan salah satu produk olahan minyak bumi serta gas alam. Itulah mengapa limbah plastik mempunyai rantai karbon yang sangat panjang serta sangat sulit untuk bisa diuraikan oleh mikroorganisme alam.

Dengan memakain tas kain yang ramah lingkungan,  kamu sudah turut mendukung kelestarian lingkungan serta makhluk hidup, kamu juga sudah turut ikut dalam pelestarian sumber daya alam lainnya seperti minyak bumi atau gas yang bisa dimanfaatkan untuk penggunaan lainnya yang lebih bermanfaat.

5. Memiliki Banyak Kegunaan

Tas kain ini memiliki banyak sekali manfaat loh bukan hanya sekedar untuk berbelanja. Karena tas kain ini bisa digunakan dalam beragam kegiatan serta aktivitas seperti untuk membawa barang saat pergi ke kantor, atau membawa buku saat pergi ke sekolah atau ke kampus. Tas kain juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana promosi dengan membagikannya saat suatu event dengan mencetak nama dan logo perusahaan pada tas kain tersebut lalu membagi-bagikan nya. 

Itulah beberapa alasan kenapa kita harus beralih dengan memakai tas belanja kain sekarang juga. Selain manfaat nya secara praktis, tas kain juga dapat mengurangi pencemaran lingkungan.

TRL INDONESIA

TRL Indonesia adalah salah satu perusahaan yang memproduksi tas kain spunbond dengan banyak variasi model serta ukuran. Tas kain spunbond juga bisa kamu custom dengan desain sesuai keinginan kamu. Tas spunbond dari TRL Indonesia bisa kamu pesan secara online melalui website atau WhatsApp. Tas kain spunbond press ini memiliki kesan yang tidak terlihat sederhana tapi juga tidak terkesan mewah. Namun jika kamu pandai dalam memilih bahan dan memadu madankan dengan jenis bahan lain serta memberi sentuhan gambar, tulisan, atau desain sesuai dengan keinginan kamu, kesan mewah pada tas kain ini akan terlihat. Jadi, jika kamu ingin harga yang ramah di serta bahan yang ramah di kantong untuk membuat tas, bahan kain spunbond adalah pilihannya. Yuk, pesan sekarang dan segera miliki tas spunbond mu sekarang juga hanya di TRL Indonesia.

Informasi lebih lanjut hubungi:

Telp/WhatsApp
(0811-1259-899)
(0811-984-9984)
Email:
sales@trlindonesia.com
Alamat: Pemda 3 Rasa Sukamulya, Tangerang

Share this post

Leave a Reply